Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Ampuh Tanpa Obat

cara mengatasi sesak nafas secara alami – Sesak nafas yaitu kondisi tidak nyaman yang menyulitkan anda untuk bernafas. Karena kurangnya oksigen atau udara yang masuk ke paru-paru. Pernafasan normal terjadi ketika udara masuk ke paru-paru dan keluar dari paru-paru. Sesak nafas dapat dirasakan dari gejala yang ringan sampai berat seperti demam, batuk, kulit tampak kebiruan, serta sesak yang disebabkan karena alergi makanan atau obat. Jangan anggap sepele dengan penyakit ini, jika gejalanya semakin tidak membaik dan semakin buruk bisa saja sesaknya dapat berasal dari gangguan dijantung.

Bagaimana Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat?

Sesak Nafas memang sangat menganggu dan hal itu membuat kamu merasa khawatir. Namun jika anda merasakan keluhan sesak yang dalam waktu relative cepat dan tidak terdapat kondisi darurat yang ditimbulkan oleh sesak, maka kamu dapat menggunakan cara dibawah ini untuk pengobatan.
  1. Berbaring Santai

Berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal. Usahakan punggung tetap lurus atau erbaring terlentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dan meletakkan bantal dibawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan saluran udara anda rileks, membuat pernafasan menjadi lebih mudah.
  1. Bernafas dengan mulut

Ini adalah cara sederhana untuk mengatasai sesak nafas. Karena dapat memperlambat laju pernafasan anda. Sehingga membuat nafas lebih dalam dan ini berguna jika sesak nafas disebabkan oleh kecemasan.

  1. Bernafas dalam – dalam

Caranya sebagai berikut :
  • Berbaring dan letakkan tangan di perut
  • Tarik bafas dalam – dalam melalui hidung dan tarik perut.
  • Tahan nafas selama 5-10 detik.
  • Kelauarkan nafas melalui mulut.
  • Ulangi cara ini selama 7-10 menit.
  1. Mengkonsumsi jahe segar

Mengkonsumsi jahe segar sebagai minuman hangat di pagi hari atau saat sesak nafas, dapat membantu mengatasi sesak yang disebabkan oleh infeksi pernafasan. Karena kandungan pada jahe dapat menghambat virus yang menjadi penyebab umum infeksi saluran pernafasan dan juga minuman jahe segar ini dapat di konsumsi oleh orang dewada maupun anak-anak.
  1. Mengkonsumsi atau Meminum Kopi Hitam

Minuman yang satu ini tentunya sudah menjadi kegemaran dikalangan banyak orang. Selain untuk menghalau rasa kantuk, meminum kopi hitam juga dapat mengatasi sesak nafas tanpa obat. Kafein yang ada didalam kopi dapat mengurangi rasa tegang pada otot – otot saluran pernafasan. Pada beberapa penelitian membuktikan, kafein yang ada pada kopi ternyata mampu meningkatkan fungsi pernafasan pada penderita asma, sehingga mudah untuk meghirup udara segar. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi,karena dapat meningkatkan detak jantung anda.
  1. Mencari Udara Bersih
Jika mengalami sesak nafas saat berada diarea yang penuh dengan polusi, sebaiknya segeralah keluar dan carilah udara bersih. Hirup kuat – kuat udara bersih melalui hidung dan keluarkan dari mulut. Lakukan itu sampai nafas mulai terkendali.
  1. Menggunakan Kipas Angin
Menurut penelitian, menggunakan kipas angin dapat mengurangi sesak nafas, dengan cara meniupkan udara yang masuk. Cara ini terbukti menjadi cara efektif utnuk mengurangi gangguan pernafasan tanpa obat.

  1. Melakukan Gaya Hidup Sehat
Dalam mengatasi sesak nafas tentunya harus melakukan gaya hidup sehat. Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan dalam menjalankan gaya hidup sehat, antara lain :
  • Berhenti merokok dan hindari asapnya
  • Hindari paparan polusi.
  • Menjaga kestabilan berat badan. Jika merasa obesitas segeralah lakukan diet sehat untuk mengembalikan berat badan anda.
  • Rutin Olahraga untuk meningkatkan kebugaran.
  • Mengkonsumsi makanan yang baik, hindari makanan instan.
  • Istirahat cukup. Dan segera perika ke dokter jika terdapat masalah kesehatan.
  • Ikuti prosedur perawatan yang direkomendasikan oleh dokter jika memiliki penyakit yang mendasari terjadiya sesak nafas.
Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami di atas bisa anda lakukan di rumah. Apabila sesak nafas disebabkan oleh penyakit bawaan atau gejala berat dari sebelumnya maka segeralah hubungi dokter. Dokter tentu akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat. Selain mencoba cara di atas , tenangkanlah fikira dan emosi saat nafas mulai tidak nyaman dan sesak.